oleh

Hadiri Wisuda Daring, Wabup : AKKP Wakatobi Salah Satu Pengembangan SDM

-WAKATOBI-139 dibaca

Reporter : Asrul Hamdi

WAKATOBI – Sebanyak 49 taruna Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP) Wakatobi mengikuti Wisuda Daring Nasional Pendidikan Tinggi Lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI). Dalam wisuda tersebut dikukuhkan secara daring oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Senin 10 Agustus 2020.

“Anak-anak muda Indonesia yang akan membangun bangsa disektor Kalautan dan Perikanan, lulusan ini adalah kader-kader terbaik. Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan akan melibatkan lulusan politeknik kelautan dan perikanan untuk membangun sektor ini,” ungkap Edhy Prabowo melalui siaran daring

Kepada Mediakendari.com Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud mengatakan menjadi titik fojus untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi, adanya AKKP tentu menjadi salah satu cikal bakal untuk pembangunan SDM di daerah itu.

“Beberapa perguruan tinggi mulai bertumbuh ada Universitas Muhammadiyah dan lainnya, kita berharap akan bertumbuh terus. Kita juga berharap ada sekolah pariwisata di Wakatobi,” ungkap Ilmiati Daud.

Ilmiati menambahkan, AKKP merupakan cikal bakal pengembangan sektor kelautan dan perikanan Kabupaten Wakatobi. “Lewat diskusi dengan Pak Dirjen, saya mengusulkan untuk ditingkatkan kelasnya menjadi Politeknik sehingga anak-anak akan lebih berdaya saing. Saya sangat mensuport, karena ini merupakan pengembangan Sumber Daya Manusia,” pintanya

Direktur AKKP Wakatobi, Daniel Ndahawali mengatakan harapan pimpinan-pimpinan satuan pendidikan, anak-anak ini ketika lulus harus mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan maupun kopetensi yang sudah peroleh.

“Bekerja itu bisa berwira usaha atau di dunia usaha maupun industri. Kita banyak ber MoU dengan beberapa usaha bidang perhotelan seperti Patuno Resort, artinya lulusan kita bisa langsung dimanfaatkan oleh dunia usaha industri pariwisata bahari di Wakatobi. Sudah ada alumni-alumni kita yang bekerja baik perhotelan maupun dive operator karena mempunyai kamampuan menyelam,” bebernya

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Wisuda tersebut turut dihadiri Asisten 1 Setda Wakatobi, Pimpinan OPD lingkup Pemda Wakatobi, Tokoh Adat, serta beberapa NGO yang ada di Wakatobi.

Terkini