oleh

BSPS 2018 Wakatobi Dapat 400 Unit Rumah 

-FEATURED, WAKATOBI-78 dibaca

WAKATOBI – Bantuan Stimualan Perumahan Swadaya (BSPS)  yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2018,  daerah kabupaten Wakatobi mendapatkan tambahan kuota menjadi 400 unit rumah.

Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Hamu Popalia mengungkapkan, ada 11 desa yang mendapatkan bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, di Kecamatan Wangi-wangi dan Wangi-wangi Selatan.

“Untuk keseluruhanya ada 11 desa dipulau Wangi-wangi, yaitu tiga kelurahan dan 8 desa,” ungkap Hamu Popalia kepada Mediakendari.com, Minggu (21/7/2018).

“Sesuai dengan petunjuk yang baru, Permenya berubah, karena dari Rp 15 juta itu dipotong dua juta setengah untuk upah tukang, yang tahun lalu di 2017 itu, yang Rp 15 juta itu tidak ada upah tukang. Komponen pembayarannya langsung masuk ke rekening tukangnya dan dalam prosesnya dilakukan pembayaran selama 2 kali oleh penerima bantuan,” papar Hamu Popalia.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Wakatobi Ir Alfih memaparkan, di Kecamatan Wangi-wangi, 1 Kelurahan dan 4 desa sedangkan di Wangi-wangi Selatan ada 4 desa dan 2 kelurahan.

“Di Wangi-wangi itu kelurahan Waetuno, desa Waelumu, Waha, Waginopo dan Tindoi, untuk Wangi-Wangi Selatan di Kelurahan Mandati I, Mandati 3, Desa Komala, Numana, Liya Mawi dan Liya Bahari,” papar Alfih.

Total anggaran setiap penerima BSPS, sebesar Rp 15 juta Rupiah, akan tetapi bakalan dipotong Rp 2,5 juta untuk sewa tukang, berdasarkan Permen.

Untuk diketahui sebelumnya Kabupaten Waktobi hanya mendapatkan 200 Unit di tahun anggaran 2017, tentu ini kata Alfih sebuah terobosany yang perlu di apresiasi.


Reporter : Syaiful

Terkini