BPS Wakatobi Ajak Warga Sensus Mandiri Secara Online

Reporter : Asrul Hamdi

WAKATOBI – Badan Pusat Statistik (BPS) Wakatobi mengajak masyarakat untuk turut berpasrtisipasi dalam sensus penduduk secara online. Dengan metode online, warga bisa mengisi data dirinya secara mandiri.

Kepala BPS Wakatobi, Tuwedy mengatakan, sensus online bertujuan mengajak partisipasi masyarakat untuk bisa mensensus dirinya sendiri secara mandiri.

“Semua masyarakat bisa mensensus dirinya sendiri, untuk memperbaiki datanya melalui website sensus.bps.go.id mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020,” kata Tuwedy, Kamis (23/1/2020)

Untuk ikut serta melaksanakan sensus secara mandiri via online, warga diharuskan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk login.

Fortune

“Ada dua nomor id yang bisa digunakan, NIK dan nomor KK. Cukup satu orang saja dalam satu KK yang akan memutahirkan semua anggota keluarganya,” terangnya.

Menurutnya, bagi masyarakat yang tidak bisa melakukan sensus secara online, BPS Wakatobi akan melakukan sensus dengan metode wawancara seperti sebelumnya pada Juli 2020 mendatang.

“Untuk melakukan sensus secara lengkap, metode wawancara tetapakan dilakukan. Dan bagi yang bisa sensus mandiri kita tinggal memverifikasi saja,” ujarnya.

Tuwedy juga menambahkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi di beberapa wilayah Kecamatan dengan mengundang Kepala Desa dan Lurah. Dan di kabupaten akan melibatkan OPD, mulai Februari 2020 mendatang.

“Saya harap respon baik dari masyarakat untuk meningkatkan kesadaran serta berpartisipasi, karena ini merupakan kali pertama dilakukan. Sebagaimana sosialisai yang sudah dilakukan dibeberapa sekolah dan instansi,” tambahnya.

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI