oleh

BLT di Wakatobi Mulai Disalurkan, Komisi I: Umumkan Datanya

Reporter: Asrul Hamdi

WAKATOBI – Informasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk 8.176 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Wakatobi, membuat warga mulai berdatangan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Unit Wangi-wangi.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, menyebut sudah 841 KK menerima BLT melalui rekening masing-masing.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki layanan SMS Banking, secara manual melakukan cek saldo dengan mendatangi BRI KCP Unit Wangi-wangi. Akibatnya terjadinya kerumunan warga yang bertentangan dengan Social Distancing (jaga jarak).

Ketua Komisi I DPRD Wakatobi, Arman Alini menyarankan penerima manfaat tidak berkerumun baik yang menerima melalui BRI maupun Kantor Pos.

“Saran kami diklaster pembagiannya, bila perlu diatur waktunya sehingga orang tidak berkerumun. Itu masukan kepada Dinas Sosial,” tuturnya ketika ditemui di Gedung DPRD Wakatobi, Selasa 5 Mei 2020.

Ia menambahakan, agar data terpadu penerima manfaat ditempel atau dikemas secara online sebagai bentuk keterbukaan informasi.

Menurutnya, bisa saja ada satu dua orang masyarakat yang berhak menerima tapi mungkin belum terdata, itu juga bagian media untuk kemudian dimasukan dinas terkait untuk lebih menyempurnakan data.

“Sehingga kedepan data kemiskinan kita lebih kongrit dan lebih jelas, apalagi ditengah wabah seperti ini agar masyarakat terlayani dengan baik,” pintanya. (B)

Terkini